Edukasi

Rupiah Melemah IHSG Kandas, Apa yang Sebenarnya Terjadi?


Pelemahan Rupiah terhadap Us dollar hingga menembus angka Rp. 15.000, membuat IHSG tepukul  pada perdagangan hari Rabu 5 September. Indeks Harga saham Gabungan (IHSG) yang diperdagangkan Rabu 5 September 2018  tertekan cukup dalam mendekati -5% pada level terendah hari ini, melemahnya nilai tukar rupiah terhadap Us dollar  menjadi salah satu faktor utama penurunan IHSG. Pelemahan Rupiah membuat aksi Jual besar-besaran oleh investor pada pasar saham. Mereka khawatir akan terjadinya krisis ekonomi  seperti yang dialami Turki dan argentina yang mata uangnya  tertekan cukup dalam oleh penguatan Dollar amerika.

Apa yang sebenarnya terjadi?

IHSG sering dikait kaitkan dengan krisis siklus 10 tahunan 1998 & 2008 apakah ekonomi indonesia bisa bertahan/ lebih baik  pada 2018 ini ?

Dari segi internal saat ini masalah perekonomian di indonesia adalah pelebaran Defisit transaksi berjalan yang secara otomatis menekan cadangan devisa, ini salah satu faktor yang membuat semakin melemahnya  rupiah,  akan tetapi jika melihat salah satu indikator makro ekonomi indonesia lebih baik dari tahun tahun yang lalu, pemerintah indonesia sedang  melakukan beberapa langkah demi menstabilkan nilai tukar rupiah dengan mengendalikan impor barang, penerapan biodiesel 20 demi mengurangi impor minyak fosil dan meningkatkan ekspor komoditas.

Dibawah ini adalah beberapa indikator makro ekonomi indonesia dalam 5 tahun terakhir sebagai acuan kita untuk mengingat ulang kondisi perekonomian indonesia.

Trade Balance

Trade Balance melebar pada data terakhir di agustus 2018 terendah dalam 5 tahun terakhir.

Core Inflation

Inflasi yang terjaga masih dibawah 3,5% namun tertinggi sejak januari 2018, dipengaruhi oleh depresisasi rupiah dan kenaikan minyak mentah.

GDP (Gross Domestic Product )

Gross Domestic Product Indonesia tumbuh dalam 5 tahun terakhir tertinggi di 2018. Mentri keuangan masih optimis bertumbuhan ekonomi Indonesia diangka 5.4% dikwartal berikutnya.

Saat ini indonesia memang banyak dipengaruhi oleh faktor eksternal, seperti penguatan harga minyak dunia , krisis di turki dan argentina, kenaikan Suku bungan The Fed, hingga kebijakan Donald trump yang akan menaikkan tarif impor komoditas Tiongkok. Ini perlu diperhatikan ketika volume ekspor indonesia menurun yang dikarenakan menurun nya juga permintaan komoditas dari negara yang sedang terkena dampak krisis akibatnya sangat besar ke indonesia karena mayoritas produk ekspor indonesia adalah komoditas.

Signal pelemahan rupiah sebenarnya sudah terlihat sejak The Fed mengumumkan  akan menaikkan suku bunga nya dengan agresif beberapa kali dalam satu tahun pada 2018. Membaiknya perekonomian amerika sejak krisis 2008 membuat arah kebijakan amerika melepas kebijakan era krisis agar tidak menimbulkan tekanan inflasi dan mengurangi kepemilikan sekuritas berbasis hipotek. Disamping itu pemerintah indonesia juga mengantisipasi akan terjadi nya capital outflow jika tidak ada kebijakan untuk menahan penguatan dollar.

FED Interest Rate Decision

(Sources: Investing.com)

Antisipasi Bank Indonesia demi meredam capital outflow /pelemahan rupiah dengan cara menaikkan suku bunga acuan secara bertahap.


(Sources:BI.go.id)

Dibawah ini merupakan 20 daftar mata uang yang melemah terdalam + Rupiah (29 Des – 13 Agustus 2018)

Previous ArticleNext Article

Leave a Reply

WhatsApp chat WhatsApp us